Label : Kumpulan Doa dan Amalan

SantriONE.com – DOA adalah ibadah, sifat Allah yang wajib kita yakini adalah bahwa Dia Maha Mendengar. Sebagai orang yang beriman kita harus yakin bahwa doa adalah senjata yang sangat ampun bagi seorang hamba, terkadang dalam situasi sulit dan sempit, doa seringkali menjadi solusi dari sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. Di sinilah kita harus sadar bahwa Allah Maha Mendengar, Maha Pengasih, dan Maha Mengabulkan Doa. Berikut adalah doa-doa dan amalan-amalan yang kami kumpulkan dalam blog SantriONE.com

Kumpulan Doa dan Amalan

Kumpulan Doa dan Amalan Sehari hari

www.SantriOne.com



 
Kumpulan Doa dan Amalan

KUMPULAN DOA-DOA DI BLOG SANTRIONE


KUMPULAN AMALAN-AMALAN DI BLOG SANTRIONE


Firman Allah dalam Surat Fathir ayat 15 :

يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَنْتُمُ الْفُقَرَاءُ إِلَى اللَّهِ ۖ وَاللَّهُ هُوَ الْغَنِيُّ الْحَمِيدُ

"Hai manusia, kamulah yang sangat butuh kepada Allah; dan Allah Dialah yang Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji." (QS. Fathir : 15).

Berkata Ibnu Katsir rahimahullah dalam kitab tafsirnya ketika menjelaskan firman Allah QS. Fathir ayat 15 di atas, "Seluruh makhluk amat butuh pada Allah dalam setiap aktivitasnya, bahkan dalam diam mereka sekali pun. Secara dzat, Allah sungguh tidak butuh pada mereka. Oleh karena itu, Allah katakan bahwa Dialah yang Maha Kaya lagi Maha Terpuji, yaitu Allah-lah yang bersendirian, tidak butuh pada makhluk-Nya, tidak ada sekutu bagi-Nya. Allah sungguh Maha Terpuji pada apa yang Dia perbuat dan katakan, juga pada apa yang Dia takdirkan dan syariatkan."

 

Allah menyebut orang-orang yang tidak mau berdoa adalah orang-orang yang menyombongkan diri karena tidak mau beribadah kepadaNya. Firman Allah dalam Surat Al-Mumin ayat 60 :

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

"Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina" (QS. Al-Mumin : 60).

 

Ayat lainnya tentang perintah untuk berdoa adalah firman Allah di dalam Al Quran surat Al Araf ayat 55-56 :

ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ

وَلَا تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَاحِهَا وَادْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا ۚ إِنَّ رَحْمَتَ اللَّهِ قَرِيبٌ مِنَ الْمُحْسِنِينَ

 

"Mohonlah (berdoalah) kamu kepada Tuhanmu dengan cara merendahkan diri dan suara lembut, bahwasannya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas; dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (Allah)memperbaikinya; dan mohonlah (berdoalah) kamu kepada Allah dengan rasa takut dan harapan (sangat mengharap); bahwasannya rahmat Allah itu sangat dekat kepada orang-orang, yang ihsan (orang-orang yang berbuat baik)." (QS. Al Araf : 55-56).

 

Kita telah mengakui dengan mengikrarkan setidaknya 17x sehari dalam sholat kita saat membaca Al Fatihah, "Sesungguhnya hanya kepadaMulah kami beribadah, dan hanya kepadaMulah kami memohon pertolongan", jadi sudah seharusnya jika ucapan itu juga menjadi keyakinan bagi kita bahwa Allah adalah tempat kita berdoa, memohon pertolongan. Tidak hanya terucap di mulut namun di antara doa ada juga usaha yang harus kita jalankan dengan seimbang, saat kita yakin bahwa Allah akan mengabulkan setiap doa, bukan berarti lantas kita tidak berusaha. Kita berdoa dengan meyakini dan menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah bahwa Dial ah satu-satunya Zat yang mempunyai daya upaya dan segala kekuatan bersumber dariNya, bentuk penyerahan diri inilah yang dikenal sebagai tawakal.

Allah berfirman Surat Al-An’am ayat 162-163 :

قُلْ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

لَا شَرِيكَ لَهُ ۖ وَبِذَٰلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ

"Katakanlah: Sesungguhnya sembahyangku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. Tiada sekutu bagi-Nya, dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)." (QS. Al-An’am : 162-163).

Demikian artikel yang berisi kumpulan doa dan amalan, semoga bermanfaat dan menjadi amal sholeh kita semua, semoga Allah mengabulkan doa doa kita, Amin.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama

Header