Ad Code 1

220225 - "Isra’ Mikraj, Ngraosaken Nikmatipun Shalat", Khutbah Jumat Bahasa Jawa 25 Februari 2022

Khutbah Jumat Bahasa Jawa Tema Isra’ Mikraj, Materi 25 Februari 2022 – Umat Islam di seluruh dunia akan kembali memperingati sebuah kisah yang dialami Rasulullah Sholallah ‘Alaihi Wassalam, yaitu Kisah Isra dan Mikraj Nabi Muhammad Sholallahu ‘Alaihi Wassallam yang terjadi dalam satu malam. Umat Islam memperingati Isra dan Mikraj ini setiap tanggal 27 Rajab, pada tahun ini berdasarkan kalender hijriyah yang merupakan system penghitungan kalender umat Islam, 1 Rajab akan bertepatan pada Hari Kamis 3 Februari 2022 jadi Peringatan Isra’ Mikraj akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 28 Februari 2022.


"Isra’ Mikraj, Ngraosaken Nikmatipun Shalat", Khutbah Jumat Bahasa Jawa 25 Februari 2022


"Isra’ Mikraj, Ngraosaken Nikmatipun Shalat"

Khutbah Jumat Bahasa Jawa 25 Februari 2022


Khutbah Jumat Bahasa Jawa Tema Isra’ Mikraj, Materi 25 Februari 2022 – Ada beberapa rangkaian peristiwa yang dialami oleh Rasulullah Sholallahu ‘Alaihi Wassallam ketika Isra’ Mikraj, salah satunya adalah menerima perintah untuk Shalat 5 waktu. Peristiwa Isra dan Mikraj yang dialami Nabi Muhammad Sholallahu ‘Alaihi Wassallam. dilukiskan dalam Surah al-Isra ayat pertama.

Surat Al-Isra' Ayat 1

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

 


Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

 

Khutbah Jumat Bahasa Jawa Tema Isra’ Mikraj, Materi 25 Februari 2022 – Isra' yang bermakna perjalanan malam, adalah peristiwa ketika Nabi Muhammad Sholallahu ‘Alaihi Wassallam berangkat dari Ka'bah di Makkah ke Baitul Maqdis di Yerusalam. Mikraj, yang berarti kenaikan, adalah peristiwa saat Nabi Muhammad dari Baitul Maqdis di Yerusalem ke Sidratul Muntaha, melewati 7 langit. Nabi akhirnya tiba di Sidratul-Muntaha, yang merupakan simbol puncak pengetahuan yang paling mungkin dicapai makhluk. Jarak Makkah ke Yerusalem sekitar 1.239 kilometer yang pada sekitar 621 Masehi normalnya ditempuh dengan perjalanan kuda atau unta sekitar sebulan. Namun, Nabi Muhammad Sholallahu ‘Alaihi Wassallam. mencapainya hanya dalam semalam.

Khutbah Jumat Bahasa Jawa Tema Isra’ Mikraj, Materi 25 Februari 2022 – Dalam Surah an-Najm ayat 17, Allah berfirman ,

Surat An-Najm Ayat 17

مَا زَاغَ الْبَصَرُ وَمَا طَغَىٰ

 


Penglihatannya (muhammad) tidak berpaling dari yang dilihatnya itu dan tidak (pula) melampauinya.

 

Khutbah Jumat Bahasa Jawa Tema Isra’ Mikraj, Materi 25 Februari 2022 – Nabi Muhammad Sholallahu ‘Alaihi Wassallam. menerima perintah salat dari Allah untuk umat Islam. Awalnya, jumlahnya 50 kali sehari. Namun, setiap kali Rasulullah turun, Nabi Musa mengingatkan beliau bahwa jumlah tersebut terlalu besar. Nabi diminta meminta keringanan, hingga tersisa 5 rakaat sehari semalam, dan beliau malu untuk memohon lebih sedikit lagi.

 

Untuk memperingati peristiwa besar Isra' Mikraj Nabi Muhammad, maka pada kesempatan ini perkenankan kami menyampaikan artikel berisi materi Khutbah Jumat Bahasa Jawa dengan tema Isra' Mikraj

 

Baiklah, mari kita simak Khutbah Jumat Bahasa Jawa dengan Tema Isra' Mikraj Nabi Muhammad Sholallahu 'Alaihi Wassalam berikut ini :

Jasa Desain Bayar Seikhlasnya

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code