Ad Code 1

Arti dan Makna Lirik Lagu Jawa "Jamuran"

Arti dan Makna Lirik Lagu Jawa "Jamuran" | SantriONE.com – Dikalangan masyarakat jawa lagu jamuran sudah tidak asing lagi karena termasuk lagu dolanan jawa yang terkenal, sayangnya di era yang serba modern ini perlahan mulai ditinggalkan dan hampir terlupakan, anak-anak lebih memilih permainan yang berbau teknologi dan walaupun banyak memberikan dampak negatif. Jamuran adalah nama sebuah permainan yang merupakan salah satu bukti kekayaan budaya Indonesia, bukan semata untuk bersenang-senang namun juga ada nilai- nilai pendidikan yang di ajarkan seperti kebersamaan, kemampuan berekspresi, ketangkasan gerak sesuai dengan irama, hingga kemampuan memahami perintah. 


Arti dan Makna Lirik Lagu Jawa "Jamuran"

Arti dan Makna Lirik Lagu Jawa "Jamuran"

LAGU JAWA

Arti dan Makna Lirik Lagu Jawa "Jamuran" | SantriONE.com –  Dimainkan oleh 4-12 anak biasanya di lakukan pada waktu sore atau malam hari pada saat bulan purnama. Jamuran merupakan judul lagu sekaligus nama permainan atau dolanan jawa yang sering di mainkan oleh anak-anak pada kecil saya, dinyanyikan disertai gerakan-gerakan yang sederhana. Diawali dengan hompimpah (sebuah aturan untuk menentukan siapa yang main dulu dan siapa yang kalah) pemain yang kalah saat hompimpah duduk di tengah menjadi “sing dadi” dikelilingi pemain lain sambil menyanyikan lagu jamuran, beberapa daerah di Jawa memiliki perbedaan dalam syair atau lirik lagu Jamuran, namun secara garis besar memiliki arti yang sama. Sampai pada akhir lagu ada sebuah syair, "sira mbadhe jamur apa?" (kamu mau jamur apa), maka "sing dadi" tadi menjawab. Misalkan dia menjawab "jamur Kethek" , Kethek artinya Monyet maka semua berhamburan menirukan gerakan Monyet, melompat atau Menggaruk-garuk Kepala atau Memanjat-manjat dan sebagainya.    

 

Arti dan Makna Lirik Lagu Jawa "Jamuran" | SantriONE.com – Meski memiliki beberapa perbedaan syair atau lirik di berbagai daerah di Jawa namun secara garis besar sama maknanya juga nasehat atau pesan yang terkandung di dalamnya, beberapa sumber menyebutkan bahwa dalam lagu dolanan jawa dan permainannya mengajarkan kepada anak-anak bahwa hidup di dunia ini harus mengikuti peraturan yang sudah ada.

 

Berikut ini makna dari lagu jamuran : 

Arti dan Makna Lirik Lagu Jawa "Jamuran"

 

Jasa Desain Bayar Seikhlasnya

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code