Over Acting Menghadapi Masalah

Tingkah polah anak-anak kecil memang selalu menggemaskan. Coba saja lihat anak tersebut, dia melihat ayahnya melewati portal jalan dengan cara menunduk. Lantas dia mengira bahwa portal itu juga bisa mengenai tubuhnya sehingga dengan polosnya dia pun menunduk untuk melewatinya.

Lebih dari itu, karena si kecil tidak bisa jalan menunduk maka ia melakukannya dengan cara melata seperti seekor ular yang manis. Benar-benar lucu!

Begitulah anak-anak, mereka memandang masalah semua manusia adalah sama. Padahal portal itu sama sekali tidak menghalangi meski dia berdiri tegak. Namun ia tak pikir panjang lagi, apa yang sebenarnya tidak menjadi masalah baginya tetap saja dipandang sebagai sebuah masalah.

Karena terjadi pada seorang anak kecil tentu hal itu wajar. Tetapi bagi orang dewasa, tentu menjadi aneh apabila menganggap besar untuk sebuah masalah kecil.

Mungkin itulah sebabnya mengapa buku berjudul Don't Sweat The Small Stuff menjadi  buku terlaris USA Today selama dua tahun berturut-turut dan menghabiskan lebih dari seratus minggu di daftar Best Seller New York Times.

Richard Carlson sang penulisnya mengungkapkan dengan cukup jeli satu kebiasaan manusia dewasa yaitu suka membesar-besarkan masalah kecil. 

Intinya adalah kita terbiasa bersikap over acting ketika menghadapi masalah tanpa mencerna dulu  apakah memang diperlukan sikap demikian. Kita terjebak untuk selalu bersikap berlebihan, meledak tak terkendali, dan reaksi-reaksi lain yang sebenarnya melelahkan diri kita sendiri.

Padahal di antara masalah tersebut ada yang cukup kita "biarkan" saja maka ia akan berlalu dengan sendirinya. Justru sikap kita menahannya dengan sekuat tenaga yang menyebabkan masalah itu tak mau pergi.

Apabila kita mampu proporsional dalam menghadapi masalah kecil, maka kita akan punya cukup waktu dan energi untuk menyelesaikan masalah yang benar-benar besar.

Memang lucu dan menghibur bagi anak-anak balita karena menganggap semua portal itu adalah masalah bagi tubuhnya. Tapi tidak lucu lagi bagi kita orang dewasa, apabila menganggap semua masalah itu adalah besar.

Salam Bertumbuh.
⏰ Ada rezeki baru jika kita mau mencoba kehidupan yang baru!

*📌 Bagikan artikel ini ke sebanyak-banyaknya orang agar bermanfaat dan ajak mereka bergabung ke grup artikel inspiratif ini :*

https://chat.whatsapp.com/DwLgB0gc7cDDBqdWuOGkIl

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama

Header