Ad Code 1

Arti dan Makna Lirik Lagu Jawa "Menthok-menthok"

Arti dan Makna Lirik Lagu Jawa Mentok-mentok

Lagu Jawa

SantriONE.com – Arti Makna Lirik Lagu Jawa Menthok-MenthokTembang Jawa menjadi sebuah kekayaan budaya warisan leluhur yang sarat makna dan kaya nilai diwariskan kepada anak cucu masyarakat suku Jawa, salah satunya adalah Tembang Jawa berjudul Menthok-Menthok, ada yang menuliskannya MENTOK-MENTOK atau MENTOG-MENTOG atau MENTHOG-MENTHOG. Berikut adalah lirik Lagu Jawa Menthok-Menthok dan terjemahannya. 

Lirik Lagu Menthok-Menthok

 Menthok-Menthok

Menthok-menthok tak kandhani

Mung rupamu angisin-isini

Mbokya aja ngetok

Ana kandhang wae

Enak-enak ngorok

Ora nyambut gawe

Menthok-menthok mung lakumu

Megal-megol gawe guyu

 

Terjemahan Lirik Lagu Mentok-Mentok 

Menthok-menthok saya bilangi

Wajahmu itu sangat memalukan

Kamu sembunyi saja

Di dalam kandhang

Enak-enak tidur

Tidak usah bekerja

Menthok-menthok, jalanmu itu

Megal-megol bikin tertawa  

Arti dan Makna Lirik Lagu Jawa "Menthok-menthok" 

SantriONE.com – Arti Makna Lirik Lagu Jawa Menthok-Menthok – Tembang Jawa Mentok-mentok ini memiliki ungkapan sindiran yang sangat halus, sebagaimana menjadi karakter para sesepuh Jawa dalam menasehati menggunakan bahasa bijaksana yang tidak menyakitkan, tapi mengena di hati. Ungkapan sindiran lewat lagu Mentok-mentok ini ditujukan untuk orang yang malas bekerja dan kerjanya cuma tidur, memberikan nasehat bahwa manusia bahwa hidup harus produktif, kreatif, dan butuh bekerja keras. 

SantriONE.com – Arti Makna Lirik Lagu Jawa Menthok-Menthok – Lagu menthok-menthok biasanya dinyanyikan dalam permainan anak-anak Jawa dengan cara membentuk formasi lingkaran sambil berjalan layaknya menthok, tangan kanan di depan, tangan kiri di pantat sambil berjalan megal-megol. Permainan ini menjadi hiburan yang lucu apalagi dimainkan oleh anak-anak yang membuat kita gemas melihatnya, tapi  juga melatih anak untuk bekerja sama juga bersosialisasi dengan teman sebayanya.

BACA JUGA JUDUL LAINNYA, 

Jasa Desain Bayar Seikhlasnya

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code