210507 : ”Akhir Ramadhan, Kencangkan Ikat Pinggang!” - Khutbah Jumat Akhir Ramadhan, Materi 7 Mei 2021

Khutbah Jumat Akhir Ramadhan, Materi 7 Mei 2021

Blog Image Source : https://www.arabnews.com

”Akhir Ramadhan, Kencangkan Ikat Pinggang!”

SantriONE.com Khutbah Jumat Akhir Ramadhan, Materi 7 Mei 2021 – Hari Jumat 7 Mei 2021 ini adalah hari Jumat terakhir kita bersama-sama dengan bulan mulia Ramadhan 1422 H. tersisa beberapa hari saja Ramadhan akan meninggalkan kita, dan hari Jumat depan kita sudah berada di bulan Syawal 1422 H. sahabat yang dirahmati Allah Subhanahu Wata’ala, kali ini kami admin SantriONE akan menyampaikan materi dengan tema Khutbah Jumat Akhir Ramadhan, dengan judul ”Akhir Ramadhan, Kencangkan Ikat Pinggang!”, silahkan disimak, semoga bermanfaat. 

KHUTBAH PERTAMA

اَلْحَمْدُ ِللهِ جَعَلَ رَمَضَانَ شَهْرًا مُبَارَكًا، وَفَرَضَ عَلَيْنَا الصِّيَامَ لِأَجْلِ التَّقْوٰى. أَشْهَدُ أَنْ لَاۧ إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ . اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى مَحَمَّدِ نِالْمُجْتَبٰى، وَعَلٰى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَهْلِ التُّقٰى وَالْوَفٰى. أَمَّا بَعْدُ فَيَاأَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ! أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ فَقَدْ فَازَ مَنِ اتَّقَى. فَقَالَ اللهُ تَعَالٰى فِيْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ : يَاۤأَيُّهَا الَّذِيْنَ ءٰمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ

Amma ba’du

Hadirin Jamaah Jumat Rahimakumullah, Alhamdulillah, syukur kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala, diantara sekian waktu kehidupan yang Allah masih amanahkan kepada kita, kita masih diberikan kesempatan hidup dan terpilih oleh Allah masih memiliki iman sampai dengan Jumat ini dan kita wujudkan dengan menunaikan ibadah Jumat berjamaah, kita bermohon kepada Allah semoga Jumat kali ini dijadikan oleh Allah sebagai Jumat terbaik diantara sekian banyak Jumat yang pernah kita lalui.

Shalawat dan salam senantiasa berlimpah kepada sang kekasih Allah, Rasulullah Sholallahu ‘Alaihi Wassalam, panutan dan penuntun kepada akhlak mulia, yang sikap dan perilakunya menjadi teladan bagi kita semua umat-umatnya. 

Mengawali khutbah Jum’at ini, khatib mengingatkan diri pribadi dan mengajak jamaah sekalian untuk senantiasa meningkatkan kualitas ketakwaan kita kepada Allah subhanahu wata’ala, mempertajam kesadaran ilahiah, mempertebal sikap berserah diri dengan selalu menambah ketaatan dan menjauhi kemaksiatan.

Selanjutnya dalam kesempatan yang mulia ini, perkenankan khatib menyampaikan khutbah dengan judul ”Akhir Ramadhan, Kencangkan Ikat Pinggang!

Khutbah Jumat Akhir Ramadhan, Materi 7 Mei 2021 

SantriONE.com | Khutbah Jumat Akhir Ramadhan, Materi 7 Mei 2021 – Hadirin Jamaah Jumat Rahimakumullah, Ramadhan tinggal beberapa hari lagi, tamu agung itu akan segara pulang meninggalkan kita, tersisa sedikit waktu untuk tidak menyia-nyiakan kehadirannya. Kita tidak pernah tahu apakah tahun depan kita masih akan dipertemukan dengan Ramadhan, apakah Ramadhan berikutnya masih berkenan menemui kita lagi. Mari sama-sama berdo’a semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan kita kekuatan untuk terus beribadah dan menggunakan malam-malam tersisa ini dengan mendekatkan diri kepadaNya. Semoga kemudian di malam-malam terakhir ini, kita mendapatkan Lailatul Qadar yang disebutkan oleh Allah sebagai malam yang turun padanya para malaikat. Maka inilah kesempatan kita untuk mendapatkan keutamaan dan istimewanya malam Lailatul Qadar. Karena kita tidak tahu apakah Ramadhan akan datang kita masih hidup atau tidak, Anggaplah ini sebagai Ramadhan terakhir kita. Allah berfirman :

تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ

Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.[Qur’an Surat Al-Qadar Ayat 4].

Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda;

الْمَلائِكَةُ لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِي الأَرْضِ أَكْثَرُ مِنْ عَدَدِ الْحَصَى

Para Malaikat pada saat Lailatul Qadar di bumi jumlahnya lebih banyak dari pada jumlah kerikil/pasir.[HR. Ibnu Khuzaimah dihasankan Ibnu Hajar dan Al-Albani].

Para malaikat itu turun membawa apa yang di perintahkan oleh Allah, yaitu membawa rahmat dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Kata ‘Aisyah Radhiyallahu Anha;

عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا دَخَلَ اْلعَشْرُ اَحْيَا اللَّيْلَ وَ اَيْقَظَ اَهْلَهُ وَ شَدَّ اْلمِئْزَرَ. البخارى و مسلم

Adalah Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam apabila memasuki malam-malam sepuluh (akhir Ramadhan) beliau menghidupkan malamnya dan membangunkan keluarganya, dan mengencangkan ikat pinggangnya (bersungguh-sungguh beribadah)”. [HR. Bukhari dan Muslim] 

BACA SELANJUTNYA... 

    

BACA JUGA JUDUL LAINNYA, 
Khutbah Jumat Tahun 2021

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama

Header