Urus Paspor Luar Negeri Harus Punya Tabungan 25 Juta Sekarang, Benarkah?

Urus Paspor Luar Negeri Harus Punya Tabungan 25 Juta Sekarang - Mengurus paspor luar negeri sekarang mengharuskan untuk menunjukkan buku tabungan yang bersaldo minimal 25 juta rupiah, kabar ini mulai heboh sejak Maret 2017 lalu dan malam tadi (15 Maret 2017) diangkat di stasiun berita nasional TVOne, ternyata begini penjelasannya !

Urus Paspor Luar Negeri Harus Punya Tabungan 25 Juta Sekarang - Kabar ini tentu bikin heboh buat mereka yang hobi traveling atau piknik ke luar negeri, saya sendiri yang seorang travelblogger sempat dibuat pening kepala mendengar berita heboh tentang syarat urus paspor harus punya tabungan 25 juta rupiah, yailah boro-boro 25 juta saya kalau mau jalan-jalan pasti nunggu tiket promo kalau bisa promo borongan dari pesawat, hotel, restoran sampai tukang gorengan biar dompet ga cepet tipis waktu plesiran.

Urus Paspor Luar Negeri Harus Punya Tabungan 25 Juta Sekarang, Benarkah?

www.SantriONE.com

Urus Paspor Luar Negeri Harus Punya Tabungan 25 Juta Sekarang - Aturan pengurusan paspor yang mensyaratkan tabungan 25 juta ini ternyata sudah mulai diberlakukan sejak Senin, 6 Maret 2017. Tapi ternyata eh ternyata tidak seheboh yang dibayangkan setelah mendapatkan kebenaran informasi berkaitan deposit 25 juta tersebut, karena menurut Menurut Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta, Bapak Didik Heru Praseno Adi, SH. MH., informasi tersebut kurang tepat. Sesungguhnya tidak ada kewajiban menyiapkan rekening tabungan dengan saldo 25 juta rupiah. Nah loh, gimana neh pak, mohon pencerahannya dong… “Memang ada instruksi dari Kantor Pusat di Jakarta, tapi peraturan ini tidak wajib. Tolong digarisbawahi. Kita hanya tujukan pada pemohon yang mencurigakan pas dilakukan proses wawancara. Ada indikasi beberapa orang memohon paspor pas wawancara ngakunya wisata atau umroh, tapi ternyata di sana bekerja. Nggak usah khawatir, peraturan ini fleksibel dan tidak mengikat, hanya untuk orang tertentu saja.” Begitu penjelasan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta, Didik Heru Praseno Adi, SH. MH. Oalah begitu to pak… jadi maknyesss…

Urus Paspor Luar Negeri Harus Punya Tabungan 25 Juta Sekarang - Jadi maknyess ya denger penjelasan dari Bapak Dari pemaparan Bapak Didik Heru Praseno Adi, SH. MH. tadi, yah secara beliau kan berkompeten di bidang urus-mengurus paspor termasuk masalah aturan-aturan baru yang jelas-jelas udah di luar kepala, kalau saya sudah pasti denger informasi yang benar seperti dari Bapak Didik Heru tadi yang tidak bikin risau seperti berita-berita hoax yang sekarang lagi trend dan pastinya bikin gelisah galau merana, apalagi beliau kan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta jadi informasinya pasti sangat bisa dipercaya. Kesimpulannya bahwa tidak benar jika pemohon paspor harus diwajibkan menyiapkan rekening dengan saldo 25 juta atas nama sendiri. Peraturan ini hanya dikenakan kepada pemohon paspor yang mencurigakan. Terutama kepada mereka yang membuat paspor dengan tujuan liburan namun tidak dengan rencana yang jelas, entah durasi kepergian maupun tiket pesawat. Lebih ditekankan ke oknum yang menggunakan alasan wisata namun sebenarnya untuk bekerja. Tuh catet ya sekali lagi hanya buat yang mencurigakan, makanya jangan nakal main curang bikin paspor wisata eh ternyata buat kerja, sekarang akan sulit…

Urus Paspor Luar Negeri Harus Punya Tabungan 25 Juta Sekarang - Dalam Surat Edaran peraturan baru ini, ketentuan buku tabungan saldo 25 juta hanya dikenakan kepada pemohon yang dicurigai saja, artinya tidak semua pengurus paspor dikenakan peraturan itu. Senada dengan Bapak Didik Heru tadi, Kepala Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Malang Novianto Sulastono menyatakan, misi aturan baru itu awalnya untuk mencegah terjadinya tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Sebab, TPPO ini bisa jadi berawal dari pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal melalui modus operandi seperti haji, umrah, berwisata, dan lain-lainnya. TKI yang rentan jadi korban TPPO itu biasanya memang berangkat ke luar negeri tanpa bekal uang yang cukup.

Urus Paspor Luar Negeri Harus Punya Tabungan 25 Juta Sekarang - Nah, agar tidak ada lagi korban TPPO, setiap warga negara Indonesia (WNI) yang mengurus paspor untuk keperluan berwisata, diminta menunjukkan deposit tersebut. ”Aturan yang dikeluarkan Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi ini justru malah untuk melindungi WNI, mencegah terjadinya TPPO,” tegas Novianto, kemarin. Nah, clear… berarti karena gagal paham aja saya selama ini, oke deh buat kamu yang punya rencana ke luar negeri ga usah resah lagi ayo segera cuss ke kantor Imigrasi buat ngurus paspor tanpa takut ditanya buku tabungan kalau saldo kamu masih di bawah 25 juta, tapi dengan catatan rencana piknik harus jelas loh bro and sist ya.. oke segitu aja artikel tentang Urus Paspor Luar Negeri Harus Punya Tabungan 25 Juta Sekarang, moga bermanfaat ya… oiya yang punya rencana ke luar negeri dalam waktu deket boleh dong nebeng, hehe… (admin SantriONE)

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama

Header