210514 : ”Ningkataken Kualitas Ibadah Ing Wulan Syawal”, Khutbah Jumat Bahasa Jawa 14 Mei 2021 tentang bulan Syawal

materi khutbah jumat bahasa jawa tema bulan syawal 1442

Khutbah Jumat Bahasa Jawa

SantriONE.com – Bersama telah kita lewati bulan Ramadhan, satu bulan berperang melawan hawa nafsu, dan kini kita sudah berada di bulan Syawal, sebuah bulan yang juga memiliki banyak keutamaan bagi kaum Muslimin yang beribadah di dalamnya. Keutamaan puasa Syawal telah tercantum di dalam hadits yang diriwayatkan Muslim. Hadits itu berasal dari Abu Ayyub Al Anshori yang pernah mendengar sabda Nabi Muhammad SAW. "Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh." (HR Muslim). 

”Ningkataken Kualitas Ibadah Ing Wulan Syawal” 

Materi 14 Mei 2021 tentang bulan Syawal 

SantriONE.com – Manfaat puasa Syawal yang pertama ialah mendapatkan pahala yang berlipat ganda, yaitu seperti menjalankan puasa selama setahun. Puasa Syawal hanya dikerjakan selama enam hari, akan tetapi Allah SWT akan memberi ganjaran atau pahala seperti seseorang yang puasa selama 12 bulan. Di bulan ini juga terdapat sunnah bagi yang ingin menikah, Imam An Nawawi menjelaskan hadits di atas bahwa “Di dalam hadits ini terdapat anjuran untuk menikahkan, menikah, dan membangun rumah tangga pada bulan Syawal." Jadi pernikahan di bulan Syawal menjadi sebuah ibadah, sebagai sunnah Nabi Shalallahu'alaihi Wassalam. Rasulullah Sholallahu ‘Alaihi Wassalam melangsungkan pernikahan pada bulan Syawal. Beliau menikahi Aisyah dengan tujuan mulia. Sebagai penyempurna agama dan menghilangkan kepercayaan yang salah tentang bulan Syawal, yaitu kepercayaan orang-orang jahiliyah yang menganggap bulan ini sebagai bulan diharamkannya menikah. 

Pada kesempatan bulan Syawal yang mulia ini, kami juga akan menyampaikan sebuah KHUTBAH JUMAT BAHASA JAWA yang bertema bulan Syawal dan keutamaan beribadah di dalamnya, silahkan disimak, semoga bermanfaat.  

BACA SELANJUTNYA... 

BACA JUGA JUDUL LAINNYA, 
Khutbah Jumat Lengkap Bahasa Jawa Terbaru Tahun 2021

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama

Header