8 Tips Mengatasi Kendala HP Android Yang Tidak Mau Diinstall Aplikasi Baru


8 Tips Mengatasi Kendala HP Android Yang Tidak Mau Diinstall Aplikasi Baru - Penyedia aplikasi yang paling terkenal saat ini adalah milik Google yaitu PlayStore meski ada juga beberapa penyedia aplikasi lainnya yang dapat mudah didapat di Google Search Engine. Masalahnya adalah para pengguna Android sering mengalami kendala saat mendownload dan menginstall aplikasi apalagi yang bersumber di luar PlayStore. Beberapa masalah yang sering menjadi kendala tersebut bisa diatas dengan beberapa tips yang telah kami rangkum dalam artikel berikut, semoga bermanfaat. JANGAN LUPA KLIK LIKE DAN SHARE untuk membagikan artikel ini dengan mengklik tombol di bawah artikel di bawah yang telah disediakan.

8 Tips Mengatasi Kendala HP Android Yang Tidak Mau Diinstall Aplikasi Baru

www.NagaMover.com

8 Tips Mengatasi Kendala HP Android Yang Tidak Mau Diinstall Aplikasi Baru - Beberapa masalah yang sering menjadi kendala para pengguna Android adalah seperti masalah bertuliskan "out of space”, “application cannot be installed in the default installation location”, "insufficient storage available", “not enough space on device”, masalah-masalah tersebut biasa dialami oleh pengguna HP Android yang kehabisan ruang memori. Namun tidak hanya soal Memori saja yang menjadi masalah namun juga banyak masalah lainnya, salah satunya crash tubrukan antara 2 aplikasi yang hampir sama, menumpuknya cache pada android sehingga system android tidak mau menginstal aplikasi, dan tidak compatIble APK yang didownload. Berikut adalah 8 TIPS MENGATASI KENDALA HP ANDROID YANG TIDAK MAU DIINSTAL APLIKASI BARU

1. Restart Perangkat
Cara paling sederhana adalah merestart HP Android, dengan me-reboot android atau restart ulang perangkat biasanya akan membuatnya segar kembali dan bekerja dengan optimal. Hal ini dikarenakan saat perangkat dibebani dengan beberapa program akan terjadi hang atau error, setelah itu coba install kembali.
2. Hapus Aplikasi-aplikasi Yang Tidak penting
Menghapus Aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan akan membuat memori memiliki lebih banyak ruang tersisa untuk menempatkan aplikasi baru yang akan didownload dan diinstall dalam perangkat, sangat masuk akal karena aplikasi baru membutuhkan ruang di dalam memori sehingga penuhnya memori akan menghambat aplikasi baru untuk bisa diinstall di dalam perangkat.
3. Cek Compatible APK (Versi Android)
Masalah ini seringkali dilupakan atau mungkin tidak diketahui beberapa pengguna Android, sering ditemukan masalah seperti “Galat Parse” yang biasanya dialami saat mendownload dan menginstall aplikasi dari sumber di luar Google PlayStore. Hal ini dikarenakan perangkat android tidak bisa menerima aplikasi baru karena tidak cocok dengan APK  yang di install, untuk itu sebelum anda mendownload aplikasi sebaiknya baca syarat terlebih dahulu, atau lebih baiknya download lewat Google Play Store langsung supaya aman dan compatible dan tidak mengalami masalah atau gagal install.
4. Memberi Izin Download Aplikasi
Cara yang paling mudah adalah jika aplikasi tidak bisa diinstall karena diblok biasanya karena HP Android tidak mau menerima aplikasi yang bersumber dari penyedia yang tidak dikenal oleh perangkat, hal ini bisa diatasi dengan cara masuk ke “Setting > Security” Pilih “Unknow Sources” kemudian install kembali aplikasinya, dijamin akan berhasil. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :

5. Clear Data Google Play Store
Jika cara diatas untuk mengatasi tidak bisa install aplikasi dari luar maka ini kebalikanya, jika kamu menginstall aplikasi dari Google Play Store dan terus mengalami masalah gagal tidak bisa install aplikasi android, kamu bisa mengatasi masalah ini dengan cara clear data pada Google Play Store, caranya masuk ke “Setting > Aplikasi > All” Pilih Google Play Store dan hapus dengan menekan “Clear Data” Jika cara ini tidak berhasil kamu bisa mencoba Cara Atasi Masalah Google Play Store error yang sudah dibahas pada posting sebelumnya. Jika cara ini masih gagal install Aplikasi coba ikuti langkah berikutnya.
6. Bersihkan RAM Android
Penuhnya RAM pada android juga bisa menyebabkankan gagal tidak bisa install aplikasi pada android, untuk mengatasi ini cobalah buka recent task manager kemudian tutp semua aplikasi yang berjalan, Kamu juga bisa menutup aplikasi di background dengan mengunakan aplikasi pihak ketiga.
7. Hapus Cache
Numpuknya cache pada android akan membuat android kamu lemot dan banyak masalah lainya, untuk mengatasi tidak bisa install aplikasi kamu bisa membersihkan cache dengan Masuk ke Recovery dan Clear Cache, cara akan mempercepat cache ke seluruh aplikasi yang terpasang dan lebih efektif dari pada kamu harus masuk ke satu aplikasi ke aplikasi lainya untuk menghapus cache.
8. Factory Reset
Cara ampuh untuk mengatasi masalah tidak bisa install aplikasi adalah dengan cara reset android kamu ke semula, untuk caranya kamu bisa baca Cara Factory Reset Semua Android dengan mudah, Namun untuk cara ini pastikan kamu sudah Backup semua data penting kamu.

Demikian artikel 8 Tips Mengatasi Kendala HP Android Yang Tidak Mau Diinstall Aplikasi Baru semoga bisa membantu dalam mengatasi permasalahan menginstall dan mendownload Aplikasi dalam HP Android, jangan lupa klik LIKE dan SHARE, Semoga Bermanfaat.  

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama

Header